Pentingnya Mengetahui Kredibilitas Sertifikasi

Sertifikat ISCEA USA
Sertifikat ISCEA USA

Mengapa sertifikasi profesi itu penting?

Untuk beberapa profesi, memiliki sertifikat sangat disarankan atau bahkan diharuskan. Hal ini dikarenakan pada bidang pekerjaan tertentu, level kompetensi dan keahlian lebih terjamin dengan adanya pengakuan melalui sertifikasi yang pernah diikuti. Manfaat bersertifikat ternyata tidak hanya diperuntukkan bagi pencari kerja saja, namun juga dari pihak perusahaan sendiri maupun tenaga profesional. 

Apabila memiliki sertifikat, para pelamar kerja akan mendapat nilai tambah di mata perusahaan dan memungkinkan dianggap lebih unggul dari kandidat lain dalam proses rekrutmen. Selain itu, jika para profesional telah bersertifikat di bidangnya, maka kesempatan untuk menunjang karir juga lebih besar. Dan yang terakhir, perusahaan juga akan merasakan keuntungan tersendiri apabila menerima pekerja yang dibutuhkan berdasarkan kualifikasi yang tertera.

Dunia kerja terus lebih maju seiring perkembangan zaman. Begitu juga dengan perusahaan yang terus membutuhkan pekerja kompeten dan diakui dalam bidangnya masing-masing. Maka dari itu, mengantongi sertifikat menjadi hal yang sangat penting!

Ciri-ciri sertifikasi yang kredibel

Mungkin saat hendak memilih suatu jenis sertifikasi, tidak menutup kemungkinan jika kita memiliki keraguan terhadap sertifikasi itu sendiri. Pastinya, kita tidak ingin mengeluarkan biaya untuk mengikuti sertifikasi yang belum bisa dianggap terpercaya atau kredibel. Selain itu, mungkin kita juga turut mempertanyakan kredibilitas organisasi atau institusi yang mengadakan sertifikasi tersebut.

Kredibilitas sebuah sertifikasi ternyata juga sangat tergantung dari lembaga yang menyelenggarakannya. Apakah lembaga tersebut layak dianggap kredibel? Apakah sertifikat tersebut terjamin dan layak diikuti? 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri sertifikasi yang kredibel sebelum kita memutuskan untuk mengikuti suatu sertifikasi, antara lain:

  • Dikeluarkan oleh institusi/lembaga yang kredibel
    Tips yang pertama, sebelum memutuskan untuk melakukan training dan sertifikasi, hendaknya melihat dulu institusi atau lembaga yang mengeluarkan. Apakah lembaga tersebut memiliki lisensi untuk membuat sertifikasi. Contohnya, lembaga-lembaga sertifikasi pada level nasional akan mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Pada level internasional, lembaga tersebut diakui oleh berbagai ahli sesuai dengan lingkup sertifikasi yang dikeluarkan.
  • Memiliki Board Executives yang menjaga kualitas materi
    Lembaga yang mengeluarkan sertifikasi biasanya memiliki tim khusus untuk menjaga mutu program-program yang ditawarkan. Tim tersebut terdiri dari ahli-ahli yang sesuai dengan bidang sertifikasi. Pembentukan silabus, materi, dan soal yang diujikan akan didiskusikan bersama tim tersebut.
  • Memiliki tuntutan untuk certification maintenance
    Selain mendapatkan gelar, penyandang sertifikasi harus melakukan continuous learning untuk bisa memperpanjang gelarnya. Beberapa lembaga memiliki ketentuan khusus untuk dapat memperpanjang gelar sertifikasi yang didapat. Pembelajaran yang terus dilakukan akan terhitung sebagai poin-poin untuk memenuhi syarat pembaharuan sertifikat. Lihat contohnya di sini. 

Program sertifikasi supply chain yang ditawarkan oleh ISCEA Indonesia

ISCEA Indonesia menyediakan program sertifikasi profesi untuk para penggiat supply chain yang dapat diikuti mulai dari kalangan mahasiswa hingga experts.

  • Certified Supply Chain Analyst (CSCA)
    Program sertifikasi ini dapat memberikan penguasaan terkait pengetahuan dasar supply chain. Diperuntukkan bagi kalangan entry level seperti mahasiswa, fresh graduates, supply chain professional tingkat awal, dsb.
  • Certified Professionals in Logistics Management (CPLM)
    Program sertifikasi yang didesain untuk membantu para profesional dalam logistik untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang teori dan praktik manajemen logistik modern.
  • Certified Supply Chain Manager (CSCM)
    Program sertifikasi yang dirancang untuk praktisi dan akademisi yang ingin mendapatkan pengakuan internasional dengan mendalami perpaduan antara teori dan teknis dalam supply chain management.


Jadi, pastikan terlebih dahulu apakah sertifikat yang hendak disandang telah memenuhi setidaknya ketiga kriteria sertifikasi kredibel di atas. Apabila Anda tertarik mengikuti program kami, ketahui informasi lengkapnya di sini.

Referensi:

https://kumparan.com/hartanto99/perlunya-sertifikasi-kompetensi-dalam-dunia-kerja-saat-ini-1uFaY55td0v
https://lspdigital.id/article/55/pentingnya-sertifikasi-profesi
https://hrdspot.com/blog/mengapa-sertifikasi-profesi-penting/