5 Cara Investasi dalam Pengembangan Profesional untuk Meningkatkan Tim Anda

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on print

Berinvestasi dalam pengembangan profesional kinerja karyawan di perusahaan rupanya memberikan keuntungan yang signifikan. Umumnya, investasi yang diberikan perusahaan berupa dukungan-dukungan yang menyongsong pertumbuhan atau peningkatan kompetensi para pekerja di dalam organisasi tersebut. Cara ini bertujuan untuk membantu mempertahankan loyalitas para karyawan, mendorong agar bisnis lebih unggul dari pesaing, dan meningkatkan keuntungan.

Berdasarkan dari artikel pada laman bbb.org, riset telah membuktikan bahwa :

  • 94% karyawan mengatakan mereka akan menetap di perusahaan lebih lama jika perusahaan berinvestasi dalam pembelajaran dan pengembangan mereka.
  • Organisasi yang menganut pendekatan lebih inklusif untuk pelatihan kepemimpinan empat kali lebih mungkin untuk mengungguli perusahaan lain yang membatasi pengembangan ke manajemen.
  • Margin keuntungan 24% lebih tinggi dapat dihasilkan dari perusahaan yang berinvestasi dalam pelatihan.

1. Siapkan Rencana Pertumbuhan untuk Setiap Karyawan

Setiap anggota patut memiliki gambaran yang jelas tentang lintasan profesional mereka. Maka, tanyakan lebih dalam mengenai apa yang menjadi tujuan karir mereka. Proses ini dapat memudahkan Anda dan karyawan untuk mengembangkan dan menentukan keterampilan apa saja yang perlu ditingkatkan oleh mereka. Dengan melakukan itu, Anda dan karyawan akan menganut pada satu gagasan atau rencana yang sama. Sehingga hal itu akan membantu memotivasi dan mempertahankan mereka lebih lama.

2. Program Mentorship

Adakan program bimbingan yang dapat diikuti oleh karyawan.

Ada banyak manfaat bagi mentor dan mentee mereka, seperti; membangun hubungan yang lebih dalam di antara rekan kerja, membantu individu merasa diberdayakan, meningkatkan kepercayaan diri mereka dan memperkuat keterampilan kepemimpinan mereka.

Karyawan berpengalaman juga dapat memanfaatkan pengalaman mereka untuk membantu membimbing profesional muda saat mereka sedang membutuhkannya.

3. Sisihkan Dana untuk Kursus atau Sertifikasi Tahunan

Kursus dan sertifikasi adalah solusi tepat yang bisa diterapkan ke dalam rencana pertumbuhan karyawan. Baik itu sertifikasi untuk keterampilan teknis dalam industri atau kursus untuk mengembangkan soft skill yang dibutuhkan.

Terdapat lembaga penyedia sertifikasi yang menawarkan program training bagi karyawan yang ingin meningkatkan kompetensi profesional di perusahaan. Sebelum memilih organisasi, pastikan untuk melihat testimonial dan mencarinya di situs web terpercaya, termasuk isceaindonesia.com.

4. Adakan Personal Development Assessment

Seorang karyawan yang sukses idealnya sangat memahami diri mereka sendiri, mulai dari kelebihan mereka, keterampilan, ciri kepribadian, gaya komunikasi, dsb. Karyawan yang memahami faktor dan lingkungan dimana mereka paling berhasil akan secara signifikan meningkatkan produktivitas dan kepuasan kerja.

Meminta karyawan Anda melakukan penilaian tahunan berguna untuk melacak kemajuan pertumbuhan mereka dan mengidentifikasi bagian mana yang harus diperbaiki.

5. Undang Tamu Pembicara

Undang pembicara bulanan atau triwulanan untuk dipresentasikan kepada tim Anda.

Tuan rumah pemimpin dalam industri Anda dapat memberikan wawasan atau mendatangkan pembicara yang memiliki spesialisasi dalam topik pengembangan profesional. Itu adalah peluang untuk membangun kemitraan bisnis dan mempromosikan nilai jaringan kepada karyawan Anda.

ISCEA Indonesia adalah salah satu rekomendasi lembaga penyedia sertifikasi yang mendukug pengembangan profesional yang mampu membantu meningkatkan tim maupun kinerja karyawan di perusahaan Anda. Kami menawarkan tiga sertifikasi supply chain internasional, yaitu CSCA, CPLM, CSCM. Kunjungi laman kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Referensi

https://www.trust-bbb.org/torchtalk/5-affordable-ways-to-invest-in-your-employees-professional-development



More To Explore